Jumat, 29 Agustus 2008

PROFIL KSIK

A. LATAR BELAKANG
Mahasiswa adalah mahasiswa. Apapun aktivitas yang dilakukan, baik dia seorang aktivis kampus ataupun mahasiswa study oriented, mahasiswa tetaplah mahasiswa. Mahasiswa dengan keilmuan dan idealismenya tetap memiliki kewajiban untuk menjaga prestasi akademiknya. Bagi mereka yang mengaku aktifis, bukan saatnya lagi jam terbang aktivitas tinggi, SKS tinggi tetapi kuliah lama (tidak lulus-lulus). Prestasi akademik tetap harus diutamakan tidak kalah dengan prestasi yang lain.
Begitu juga dengan mahasiswa yang lain, kesibukan akademik bukan menjadi alasan untuk tidak berpartisipasi ataupun berpretasi dalam kegiatan kampus non akademik. Karena semuanya harus seimbang. Ibadah kuat, Aksi hebat, IPK empat….Subhanallah…!!!
Ada berbagai macam pertimbangan dan alasan kenapa wajihah ini harus hadir di tengah-tengah kesibukan mahasiswa Ilmu Keperawatan, antara lain :

1. Kebutuhan mahasiswa akan aplikasi nilai-nilai keislaman dalam profesionalisme kerja
2. Kultur mahasiswa PSIK yang “study oriented“. KSIK memfasilitasi mahasiswa untuk menggali ilmu-ilmu islam tanpa meninggalkan akademisnya.
3. Islam mewajibkan tiap umatnya untuk selalu tawazun dalam berbagai segi kehidupan. Termasuk tawazun dalam menggali ilmu agama dan ilmu dunia.

B. SEJARAH
KSIK dirintis pertama kali pada tahun 2003, yang awalnya KSIK bernamakan KESSMAIKA (Kelompok Studi Islam Mahasiswa Ilmu Keperawatan). KESSMAIKA merupakan salah satu wajihah semi otonom mahasiswa di PSIK yang berada langsung di bawah DEMAIKA (Dewan Eksekutif Mahasiswa Ilmu Keperawatan), yang pertama kali diketuai oleh Akhi. Bejo Utomo. Setelah berjalan selama 1 tahun kepengurusan, KSIK lahir dengan Visi dan Misi baru dan merupakan salah satu biro di FOSIMMIK (Rohani Islam Ilmu Keperawatan). Semenjak adanya konversi KESSMAIKA menjadi BSO di bawah naungan FOSIMMIK dalam wujud KSIK, berturut-turut estafet kendali wajihah dipegang oleh Ukhti Sri Padma Sari (A3) di tahun 2004-2005, Ukhti Linda Dwi Prastiwi (A4) di tahun 2005-2006, selanjutnya Ukhti Wahyu Yulianti (A5) di tahun 2007 dan sampailah pada detik ini amanah di percayakan kepada Ukhti Selvi Ermawati (A6) and the crew.
Beda dari tahun sebelumnya, wajah KSIK lahir dengan nuansa baru dan tentunya semangat baru. Jika sebelumnya KSIK cukup dikenal dengan kajian rutinnya atau nama KSIK itu sendiri, maka di tahun ini kami satu tim KSIK dengan penuh cinta memperkenalkan :


CENDEKIA CREW

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
(QS. Ali ‘Imran, 3:191)

C. VISI dan MISI
VISI : Menjadikan kampus PSIK berbasiskan kader yang memiliki spesialisasi ilmu keperawatan, profesionalitas da’wah dan kepribadian muslim yang mantap.
MISI :
1. Peningkatan kompetensi aspek akademis bagi ADK
2. Persiapan ADK menuju dunia profesi
3. Pengaktualisasian khasanah pemikiran islam dalam dunia akademis.

D. MOTTO
MOVING FORWARD TO BE SMART MOSLEM,


E. STRUKTUR KEPENGURUSAN
Ketua : Selvi Ermawati
Sekretaris : Ayu Tri W
Bendahara : Dinny Atin Amanah
Staff : Erni Tri Indarti
Prima Daniati
Dwi Maslikhah
Nova Afdal
Novita Pusparini

F. RANAH KERJA
KSIK bergerak dalam ranah akademik profesi dengan fokus kerja yang terbagi menjadi 3 aspek, yaitu Riset dan pengembangan, nashrul fikroh dan edukasi.
1. Riset dan Pengembangan
Pada aspek ini, KSIK memfokuskan bidang garap pada pengembangan keilmuan melalui riset (penelitian), karya tulis maupun sejenisnya. Yang diharapkan dari sini dapat membangkitkan dan meningkatkan kemauan dan kemampuan mahasiswa dalam hal penulisan ilmiah maupun penelitian.
2. Nashrul Fikroh
Pada aspek ini KSIK memfokuskan bidang garap pada fungsi syi’ar dalam wujud islamisasi science. KSIK mencoba menggali nilai-nilai islam untuk diaplikasikan ke dalam keilmuan, terutama kaitannya dengan ilmu keperawatan.
3. Edukasi
Pada aspek ini KSIK memfokuskan bidang garap pada fungsi back up akademik. KSIK berusaha memfasilitasi teman-teman mahasiswa muslim ilmu keperawatan dalam bidang sarana dan prasarana keilmuan dan prakteknya.

G. PROGRAM KERJA
1. Riset dan Pengembangan
a. PiR (PSIK in Riset)
Workshop pembuatan karya tullis ilmiah dan penelitian

b. Work Shop Model Konseptual Keperawatan Islami
Pembuatan Model Konseptual Keperawatan Islami, melibatkan ustadz, dosen dan mahasiswa

2. Nashrul Fikroh (Syi’ar)
a. KRK (Kajian Rutin KSIK)
Berupa kajian rutin yang membahas mengenai ilmu keperawatan dalam sudut pandang islam dan aplikasinya

b. Pebuatan Silabus materi Kajian KSIK
Pengonsepan materi kajian rutin KSIK

c. Acad_Med
Pembuatan media komunikasi KSIK berupa blog, mading dan buletin.

d. KSIK Go To Public
Bentuk kegiatan sosmas terjun langsung ke masyarakat dalam bentuk pemeriksaan kesehatan murah dan khitan masal

3. Edukasi
a. ICN (Islamic Complementary Nursing)
Berupa Kelas Pelatihan Thibun Nabawi (Thibun Nabawi Training Class (TNT class))
b. Language Class
Kelas bahasa asing (bahasa Arab dan Inggris)
c. KSIK Collect Book
Pembuatan kumpulan materi soal-jawab mata kulliah PSIK FK UNDIP

1 komentar:

Minoera desseminata mengatakan...

Semangat......!!

Barkllh...buat ukhti UMI hani yah....

semangat buat anak - anak KSIK...